Wednesday, 8 April 2015
Dengan hadirnya internet yang merupakan pengembangan teknologi komunikasi dan informasi, maka semakin mudah mengakses berbagai informasi secara internasional. Perkembangan teknologi yang semakin modern dan canggih ini bukan hanya member manfaat bagi penggunanya tapi juga menimbulkan pengaruh yang negative bagi penggunanya, terutama bagi kalangan pelajar. Informasi-informasi atau situs-situs yang dapat diakses dari internet ada yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan tapi ada juga yang dapat merusak mental dari kalangan pelajar yaitu situs-situs porno.
Dengan adanya internet yang dapat mempengaruhi sisi baik dan sisi jelek dari pengguna internet terutama dikalangan pelajar, maka dapat menarik perhatian ini, sekaligus menganalisis dampak positif dan dampak negative internet terhadap pelajar.
Sekarang ini banyak orang yang tahu memainkan computer termasuk orang dewasa ataupun orang yang masih kecil namun penggunanya masih kurang efisien, karena hanya memanfaatkan keunggulan computer tersebut sebagai media untuk permainan dan belum mengetahui dampak-dampak apakah yang nanti akan terjadi.
Ini yang membuat banyak kerusakan pada kalangan muda yang nanti akan memimpin bangsa Indonesia nantinya, oleh karena itu saya mengambil topic ini tentang pengaruhnya terhadap para pelajar.
B. Rumusan masalah
1. Seberapa pentingkah internet dalam kehidupan kita sehari-hari ?
2. Apa sajakah dampak positif dan dampak negative yang ada dalam internet ?
3. Apakah internet bias merusak kehidupan pengguna computer ?
C. Tujuan penulisan
1. Mengetahui peran yang penting dalam internet.
2. Mengetahui cara pemakaian dalam internet.
3. Mengetahui dampak penggunaan internet.
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian internet
Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah system global dari seluruh jaringan computer yang saling terhubung menggunakan standar internet protocol suire (TCP/IP)
DSC_0000180
Untuk melayani milliaran pengguna diseluruh dunia. Manakala internet (huruf ‘I’ besar) ialah system computer umum, yang terhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protocol pertukaran paket (paket switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan keadaan ini dinamakan internetworking.
Jumlah pengguna internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti geogle, pengguna diseluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, internet melambangkan penyebaran (decentralisasion) /pengetahuan (knamledge) informasi dan secara data ekstrem.
B. Dampak positif dan dampak negative internet bagi pelajar
1. Dampak positif internet bagi pelajar
Ø Dapat mengakses data secara mudah
Pelajar sering mendapatkan tugas untuk mereferensi suatu berita atau informasi dari sumber infomasi. Dahulu sebelum ada internet mereka mencari dari Koran, surat kabar, majalah, radio, televise atau yang lain dimana sumber itu sulit diakses kapan saja sesuai keinginan mereka, sehingga mereka membutuhkan waktu yang lama untuk mencari suatu berita atau informasi yang diinginkan. Tetapi setelah ada internet mereka lebih mudah mencari suatu data atau informasi yang diinginkan secara cepat dan mudah baik itu data yang terupdate atau data lama melalui media internet.
Ø Sebagai media telekomunikasi yang efektif
Dengan adanya internet para pelajar dapat berkomunikasi dengan sesamanya dengan cepat dan mudah, tanpa batasan waktu dan jarak. Untuk menanyakan suatu tugas mereka hanya perlu menanyakan teman-temannya dengan cepat.
Ø Sebagai sarana untuk membangun komunitas diantara pelajar
Sebagai pelajar mereka juga butuh banyak teman untuk membangu komunitas dan memenuhi kebutuhan social, karena bagaimanapun manusia merupakan makhluk social. Oleh sebab itu internet merupakan alat yang paling efektif untuk kita membangun suatu komunitas pelajar, dimana komunitas itu dapat menjadi tempat untuk para pelajar sharing pengalaman, informasi atau sekedar untuk cari teman bermain.
2. Dampak negative internet bagi pelajar
Ø Kecandungan browsing internet
Internet adalah hal yang mengasyikkan bagi kalangan pelajar. Mereka bisa buka apa saja disana, bisa main game online, bisa buka social network, dan lain-lain. Dengan rasa asyik tersebut dan mereka tidak membohongi diri mereka, mereka akan kecandungan atau berinternet ria (online) lagi dan lagi.
Ø Lupa waktu
Dengan rasa kecandungan, para pelajar akan menghabiskan waktu mereka hanya untuk berinternet (online) didepan layar monitor dan duduk manis didepannya. Hal ini sangat merugikan dirinya sendiri dan orang tuanya.
Ø Merusak anggota dan fungsi tubuh
Pelajar sering menggunakan internet tanpa memerhatikan kondisi tubuhnya. Mereka ada yang melupakan matanya yang merah hingga berair didepan layar monitor, ada yang membiarkan penggunanya linu duduk didepan layar monitor, dan lain-lain. Hal itu sangat merugikan khususnya bagi dirinya sendiri. Seharusnya pengguna internet harus secara berkala meralaksasikan tubuhnya ketika didepan layar monitor agar tidak terjadi kerusakan tubuh yang tidak diharapkan.
C. Pengguna computer dalam kehidupan sehari-hari
Kecandungan teknologi harus disembuhkan dn masyarakat harus disadarkan sebelum teknologi menimbulkan efek yang lebih buruk lagi. Alat teknologi membuat banyak dari kita merasa gelisah, karena pikiran hanya tertuju pada alat ini, seperti ponsel misalnya. Kecandungan teknologi seperti ini bias dilihat dari seringnya orang mengecek ponsel tiap beberapa menit sekali hanya untuk melihat notifikasi messenger, sms atau situs jejaring social. Ketika kita tidak bisa focus kepada hal yang penting, ini juga merupakan masalah dari kecandumgan teknologi. Kewajiban dilakukan sembaring menggenggam ponsel atau memangku laptop, merupakan tanda bahwa kecandungan teknologi sudah demikian merasuk. Perasaan untuk selalu harus membalas sapaan yang masuk melalui sms, messenger atau situs jejarig social dalam keadaan apapun juga merupakan indikasi nyata. Sebelum kecandungan teknologi ini merusak lebih jauh, kendalikan diri dengan menahan keinginan tidak beralasan atau setiap menit mengecek ponsel atau melihat notifikasi. Jangan melakukan dua atau lebih pekerjaan sekaligus disaat seharusnya kewajiban diprioritaskan.
DSC_0002739
Dengan berkembangnya teknologi semua fasilitas pun bisa didapatkan sebagai contoh game dizaman yang modern ini anak-anak sekarang lebih memilih bermain dirumah atau diwarnet seharian didepan layar computer dari pada bersosialisasi diluar dengan teman sebaya mereka. Pergaulan kita hanya digame online saja, sehingga membuat para pecandu game online jadi terisolir dari teman-teman dan lingkungan pergaulan nyata. Perilaku jadi kasar dan agresif karena terpengaruh oleh apa yang kita lihat dari mainan digame online. Pikiran kita jadi terus menerus memikirkan internet yang kita mainkan.
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Internet adalah sarana belajar yang sangat baik jika dimanfaatkan dengan teratur akan menjadi pola pelajar yang sangat baik sekali.
2. Baik buruknya suatu kegiatan bergantung pada pelaku yang menggunakannya.
3. Menggunakan internet harus melihat jam maksimal 1 hari bermain 2 jam saja agar kesehatan dapat terjaga.
4. Dan jangan sampai menjadi pecanoli internet, karena akan mengganggu prestasi belajar.
B. Saran-saran
Saya ingin memberi saran dalam penutup ini kepada pembaca:
1. Jangan terlalu kecanduan internet termasuk game online/browsing dan lainnya, bermain hanya sekedar hiburan dan tidak dijadikan kebutuhan seperti makanan.
2. Bermain internet posisi mata kekomputer jangan terlalu dekat nanti mata bisa rusak.
3. Jika browsingnya atau chatingnya menggunakan hp, saya harap jangan terlalu dijadikan rutinitas sehari-hari karena akan merugikan.
4. Jangan terlalu banyak main, waktunya lebih baik bila digunakan untuk belajar agar lebih bermanfaat.
DSC_0002737
Posted 17 hours ago by ajril ari
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment